DARI dampak krisis iklim dan pencemaran, hingga pertambangan dan penangkapan ikan tidak ramah lingkungan – ancaman yang dihadapi lautan kita semakin besar setiap harinya. Kesehatan laut Indonesia dalam ancaman serius!

Lebih dari 70 % terumbu karang Indonesia saat ini dalam kondisi kurang baik. Salah satu terumbu karang yang kondisinya mengalami penurunan selama satu tahun ini adalah terumbu karang di Kepulauan Spermonde, Sulawesi Selatan.

Berdasarkan kegiatan pemantauan terumbu karang yang dilakukan MSDC (Marine Science Diving Club) Universitas Hasanuddin tiap tahunnya, terdapat tren penurunan tutupan karang hidup di sejumlah pulau di Kepulauan Spermonde.

Salah satu penyebab utamanya adalah penangkapan ikan secara tidak ramah lingkungan menggunakan RACUN dan BOM.

Dengan memperkuat kebijakan dan aksi perlindungan laut Indonesia dari berbagai kegiatan dan industri yang merusak, kita bisa mengubah ancaman menjadi harapan. Katakan kepada pemerintah untuk selamatkan terumbu karang Spermonde!

Jadilah Pelindung Lautan!

Kesehatan terumbu karang sangat penting dalam menjaga keberlangsungan sumber pangan untuk lebih dari 60 % penduduk Indonesia dan melestarikan sekitar 80 % keanekaragaman hayati bumi dari kepunahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *